MediaPaniaiSulut

Para Intlektual Segera di Atasi Konflik Di antara Weandoga Dan Dumadama Sebelum Korban Masyarakat

Pilemon Zonggonau Kecewa Sekali dengar kabar terjadinya Konflik masyarakat paniai Moni sendiri perang antara Kampun g distrik bibida dan distrik dumadama. (dok foto/MPS.Pilemon)

Paniai, www.mediapanaiasulut.ga--- Dampak  Pengaruh Luar masuk di dareah Kabupaten paniai papua Khususnya Kampung distrik bibida (Weandoga) dan distrik Dumadama, yang saat ini mereka sedang menuntut Pemekaraan Kabupaten  baru Moni Delama,  melalui itu, ahkirnya Masyarakat setempat yang tidak Tahu apa-apa terjadi konflik, Maka para intlektual yang berdomisili dari kampung weandoga dan dumadama yang masih Berada di kampung Halaman  Segera Mengatasi Masalah Konflik yang terjadi di Antara Kampung Weandoga dan Dumadama, sebelum pengorbanan Masyarakat mohon di atasi konflik tersebut .

Salah satu Mahasiswa asal dari distrik Bibida Pilemon Zonggonau Mejelaskan Kepada www.mediapaniaisulut.ga bahwa,  Kabupaten Paniai Distrik bibida (kampung Weandoga) dan Distrik Dumadama, kedua distrik ini yang menyepatih atau menduduki adalah Orang Moni Sendiri, dan saat ini Orang Moni Terjadi Konflik perang Keluarga, Gara-gara Dampak Pengurahi Luar Masuk di area distrik bibida dan distrik dumdama, ahkirnya masyarakat jadi Perang,kata pilemon.


Pilemon Zonggonau dengan Nada yang Tegas Meminta kepada para  Intlektual baik Itu dari Kampung Weandoga bahkan dari kampung dumadama mohon segera mengamankan masalah konflik yang Nampak di kedua distrik, tegas Pilemon.  

Terjadi masalah peperangan antara masyarakat weandoga dan dumadama ini karena ada orang pihak Ketiga masuk tujuannya untuk mengagalkan atau Menghancurkan Pemekaraan baru dari Kabupaten Paniai kabupaten Moni Delama jelasnya.  

Zonggonau Berharap Sebelum Korban Masyarakat, semua intlektual mulai detik ini, segera Harak untuk mengambil sikap pernyataan terkait persoalan konflik di weandoga. kalau Intlektual tidak bersatu untuk mengambil sikap, tujuannya menyelesaikan persoalan itu, Maka Masalah Ini akan Nampak  sampai masyarakat yang tak tahu apa-apa bisa jadi Korban.tutturnya zonggonau

Kata pilemon, kepada para intlektual ambil solusi tepat terbaik bagi intlektual, generasi, masyarakat setempat, serta pejabat untuk kedepannya. Harapan Zonggonau sesuai konflik ini, jika Intlektual Weaduma tidak bergerak maka daerah paniai khusus weandoga, menjadi daerah ini yang selalu terjadi perang. tuturnya pilemon Zonggonau.

Setelah dengar Kabar Konflik, Pilemon Zonggonau Kecewa sekali terjadi konflik Perang  Masyarakat moni paniai sendiri jadi Perang,tutupnya Zonggonau.

Pewarta : MWG/P. Z                           

1 komentar:

  1. Sangat Benar..
    Intelektual,Pemerintah dan TNI/POLRI Harus Bekerja sama dan Hentikan Perang.

    BalasHapus