MediaPaniaiSulut

FRI-WP Manado di Dukung Penuh Papua Merdeka, 31 Aktivis di Tangkap

Puluhan Front Rakyat Indonesia West Papua Manado gelar aksi demo damai untuk Mendukung Penuh Papua Merdeka, Aksi Berlangsung di jalan sejaha di putarang di  wongsingsidi ( foto YLHB)

Manado, www.kabarmapegaa.com--- 1 Desember 1961 memasuki 1 Desember 2018  Fornt Rakyat Indonesia Untuk West Papua (FRI-WP) di manado menggelar aksi demo Damai untuk dukung penuh papua Merdeka, sebanyak 31 Aktivis di tangkap pada Sabtu (01/12/2018) pukul 12:30wita di tepat pada jalan sejah Putarang Wongsingsidi di manado. 

Pantauan kepada awak media www.kabarmapegaa.com Aksi Demo Aktivis FRI-WP memengang Baliho dengan Tulisan di Baliho “Berikan hak Penetuan Nasib Sendiri Untuk West Papua” dan Orasi Aksi Demo Damai  Secara Bergantian.

Koordinator Aksi Lapangan Ruddy Mengatakan Bahwa, Hari ini adalah tanggal 1 Desember 2018. Hari kemerdekaan bagi Orang Asli bangsa west papua yang Pernah Merdeka Pada 1 Desember 1961, tegas Rudy saat Orasi Berlangsung di Putarang Wongsingsidi Pada sabtu (1/12) Siang tadi.

1 desember adalah hari Bersejarah Bagi OAP maka,  kita wajib mengungkapkan Free west Papua. Dan kita buka pintu Natal dan pintu menuju pembebasan dari penjajahan dari negara kolonial Republik indonesia, tuturnya Wenas

Secara konstitusi UUD Pembukaan UUD 1945 Republik Indonesia. "Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan diatas dunia ( Papua ) harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan”  tuturnya  Rudy cela-cela Orasi.

Sebab Itu hari Ini sejarah sudah  mencatat dimana tanggal 1 Desember adalah hari Deklarasi Bangsa West Papua  atau Lahirnya Embrio Neagara West papua (hari Kemerdekaan Papua yang Ke-57).

31 Aktivis FRI-WP di Manado tangkap tanpa syarat setelah di Amankan Oleh Pihak Keamanan di Poresta Manado, karena tangkap, kami takutnya Terjadi Konflik seperti di Surabaya, Ujurnya Rektur YLBH-LBH Manado  Jekson Wenas Kepada www.kabarmapegaa.com ketika di Hubungi Via Teleponan pada siang (01/12).

Kata, wenas bahwa 31 aktivis sebentar sore ketiga pihak akan di keluarkan secara Aman, kami tangkap karena takutnya terjadi kekekorbankan nayawa itu yang mereka Menangkap, katanya,. Wenas .

Pewarta : Anton F Gobay/KM

Tidak ada komentar